BSN   |   MASTAN   |   Koleksi Perpustakaan
Pengguna Baru?  |   Register   |   Login   |   Bantuan   
Indonesia | English | Cetak

DETAIL SNI
: [berlaku] SNI 03-6573-2001
: Tata cara perancangan sistem transportasi vertikal dalam gedung (lif)

File SNI Belum Tersedia
Terimakasih kepada para pengunjung website BSN yang telah memanfaatkan fulltext akses seluruh koleksi digital SNI melalui SNI Online selama 2 tahun (2010-2012). Mulai Tahun 2013, website BSN akan menyediakan full text akses SNI yang baru ditetapkan selama 1 tahun. SNI hasil adopsi badan standar asing tidak dapat kami tampilkan semua secara fulltext, terkait peraturan hak cipta di masing-masing Organisasi Pengembang Standar. Dokumen SNI yang tidak tersedia secara online dapat diperoleh (sesuai ketentuan yang berlaku) di: Perpustakaan BSN, email:dokinfo@bsn.go.id, phone: +62 21 5747043 ext 144

: Standar ini ini mencakup persyaratan minimal sistem transportasi dalam gedung (lif) untuk dapat terwujudnya pemakaian Lif yang nyaman, aman dan handal. Pemilihan Iif didasarkan atas : Kapasitas dan kecepatan yang disesuaikan dengan tinggi dan luas bangunan, Konfigurasi susunan dan tata letak lif, serta pemilihan jenis motor penggerak dan jenis kendali operasi. Jenis lif didasarkan atas tinggi-rendah dan luasnya bangunan Pemilihan kapasitas lif harus memperhatikan bentuk, besaran, dan kegunaan bangunan. Aspek yang harus ditinjau dalam perancangan ialah : kelompok konfigurasi, tata letak, dan perhitungan jumlah, kapasitas dan kecepatan merujuk pada kriteria (parameter). Faktor yang mempengaruhi perhitungan dan pemilihan sistim ialah : Jumlah lantai yang dilayani, Jarak lantai ke lantai, dan jarak lintas, Jumlah penghuni tiap-tiap lantai, Penggunaan khusus lif tertentu, Lantai-lantai fungsi khusus, Fungsi / lokasi gedung dan pola sirkulasi saat sibuk. Sistem Pelayanan harus memperhitungkan pada saat kondisi normal maupun keadaan darurat yang disebabkan oleh kebakaran, gempa bumi, kemacetan, dan gangguan tenaga listrik. Kinerja lif meliputi : Percepatan (acceleration), Tempo Loncatan (flight time), Getaran dan Ambang Suara, Kecepatan Pintu, Waktu Pembukaan Pintu, serta Start Stop Per Jam. Untuk memperoleh tingkat kenyamanan dan keselamatan, nilai ekonomis yang tinggi, serta penggunaan yang efisien, Konstruksi lif harus mempertimbangkan : Tata letak (plan layout) Lif, Penerapan atas bentuk bangunan, susunan kelompok Lif, Ruang Luncur, Kereta Lif, Pintu, Motor dan Mesin, Pesawat Pengaman, Sinyal, Lif Pelayanan Khusus Pemasangan Lif dilakukan sesuai prosedur yang ditentukan. Pemeriksaan dan pengujian lif dilakukan dari Segi Mekanis dan Segi Elektris. Pemeliharaan dilakukan dengan metode sistematis, termasuk memeriksa dan menguji peralatan pesawat diperiksa dan diuji, serta membersihkan, melumasi dan mereparasi. Harus ada mendapat. Kontrak perawatan harus lengkap mencakup semua aspek, termasuk jadwal pemeriksaan dan jaminan bahwa pesawat lif dan eskalatomya berfungsi sebagaimana mestinya. Lif dilengkapi dengan Tanda Peringatan dan Simbol yang diperlukan.
: 1. 91.140.90 Lift. Eskalator
: DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM (29/PRT/M/2006) download
: 1999.A/BSN-I/HK.50.A/08/2001
: 08-08-2001 [dd-mm-yyyy]
:  1. [berlaku]  SNI 05-2189-1999   Definisi, istilah lift dan eskalator
:  1.  [berlaku] SNI 03-7017.1-2004   Lif traksi listrik pada bangunan gedung - Bagian 1: Pemeriksaan dan pengujian serah terima
 2.  [berlaku] SNI 03-7017.2-2004   Lif traksi listrik pada bangunan gedung - Bagian 2: Pemeriksaan dan pengujian berkala
:  1 .  Elevator World Inc. USA, The guide to elevatoring, 1992 edition
 2 .  G.R. Strakosch, Vertical transportation, 1982 edition
 3 .  American Society of Mechanical Engineers (ASME) 17.1, Safety code for elevator and escalator, 1993 revision addenda, 1995
:  1. ASME 17.1, Safety code for elevator and escalator, 1993 revision addenda, 1995
 2. SNI 05-2189-1999
 3. Elevator World Inc. USA, The guide to elevatoring, 1992 edition
 4. G.R. Strakosch, Vertical transportation, 1982 edition
: 69