BSN   |   MASTAN   |   Koleksi Perpustakaan
Pengguna Baru?  |   Register   |   Login   |   Bantuan   
Pemberitahuan Website SISNI ini hanya untuk informasi umum pencarian SNI saja, Untuk Usulan serta Proses Perumusan/Pengembangan SNI silahkan kunjungi alamat sispk.bsn.go.id atau informasi lebih lanjut email ke sispk@bsn.go.id
Untitled Document
:


Transportasi Udara
03-07
01.040.49, 03.100.30, 03.220.50, 49.020, 49.090, 49.100, 49.120, 33.060.99, 13.220.01, 13.220.99, 13.220, 13.220.20, 13.300, 13.340, 13.340.30, 17.140.30, 33.060, 33.060.20, 33.060.30, 55.180, 55.180.30, 93.120, 13.310, 29.140.99, 29.260.99, 55.180.40, 55.180.99, 49.140, 01.100.25, 13.340.70, 49.095
No Judul/Topik ICS Justifikasi/Alasan perumusan Standar Ruang Lingkup/
Batasan Penerapan
Adopsi Tidak Adopsi/Pengembangan Sendiri Jangka Waktu Penyelesaian (Thn) Status Standar Ket
Regulasi Kesepakatan Regional/
Internasional
Kebutuhan Pasar Pertimbangan Lain Standar
Int.
Standar
Non Int.
Acuan
Normatif
Penelitian Standar Yang Digunakan
Sebagai Acuan
(Judul dan identifikasi)
Baru Revisi
(Nomor Dan Judul SNI)
1 Bandar Udara-Kinerja Operasional Bandar Udara 03.220.50
SKEP/284/X/1999 tentang Standar Kinerja Operasional Bandar Udara yang Terkait dengan Tingkat Pelayanan (Level Of Service) di Bandar Udara Sebagai Dasar Kebijakan - - - menyamakan persepsi terhadap cara penilaiantingkat pelayanan (level of service). Penilaian tingkat pelayanan (level of service) untuk masing-masing jenis jasa (PJP4U, PJP2U, PJP, Pelayanan Jasa Pemakaian Counter dan Pelayanan Jasa Pemakaian Garbarata) menghasilkan indeks level of service (LS) antara 0 (nol) sampai 1 (satu)

1 baru Perpanjangan PNPS 2012
2 Bandar Udara-Pelayanan Telekomunikasi Penerbangan 33.060
Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.10 Tahun 2009 tentang PKPS 171 mengenai Penyelenggara Pelayanan Telekomunikasi Penerbangan - - - pelayanan telekomunikasi penerbangan ini lebih ditekankan pada prosedur umum dalam pelayanan telekomunikasi dan prosedur umum dalam pelayanan telekomunikasi dan prosedur, format pesan dalam telekomunikasi tetap penerbangan (AFS), terutama dalam jaringan telekomunikasi tetap penerbangan (AFTN) yang digunakan di seluruh dunia

1 baru Perpanjangan PNPS 2012
3 Bandar Udara-Personel Teknis Elektronika dan Listrik Penerbangan (Kecakapan Personel VOR, DME dan NDB) 03.100.30
03.220.50
SKEP-115-VI-2002 Tentang Pedoman Diklat Teknisi Elektronika Penerbangan dan Teknisi Listrik Penerbangan - - - Kecakapan atau pengetahuan dan ketrampilan/keahlian yang cukup sebagaimana dipersyaratkan guna memperoleh rating VOR, DME dan NDB dengan tujuan agar para teknisi mempunyai kemampuan yang terlatih, ahli dan teruji dalam menangani pengoperasian dan pemeliharaan peralatan VOR, DME dan NDB serta mempunyai kewenangan dalam melaksanakan tugasnya

1 baru Perpanjangan PNPS 2012
4 Bandar Udara-Daya Dukung Landasan Acn/Pcn (Pelaporan Daya Dukung Landas Pacu Bandar Udara) 93.120
UU No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan - - - Metode ACN/PCN adalah suatu metode yang telah dipergunakan secara luas di dunia internasional. Dengan metode ini, dimungkinkan untuk menggambarkan pengaruh pesawat udara tertentu pada perkerasan yang berbeda dengan suatu satuan "angka" yang bervariasi tergantung pada tipe perkerasan dan daya dukung tanah dasar (subgrade), tanpa menunjukan ketebalan perkerasan tertentu. Satuan ini disebut Aircraft Classification Number (ACN)

1 baru Perpanjangan PNPS 2012
5 Bandar Udara-Pengamanan Fasilitas dan Instalasi Vital Bandar Udara 03.220.50
13.310
UU No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan - - - Standardisasi pengamanan fasilitas dan instalasi vital bandar udara ini akan membahas tentang prosedur pengamanan fasilitas dan instalasi vital di bandar udara. Secara lengkap standardisasi pengamanan fasilitas dan instalasi vital bandar udara berisi tentang hal-hal sebagai berikut : -jenis fasilitas dan instalasi vital bandar udara -prosedur pengamanan yang dibutuhkan -kinerja teknis peralatan pengamanan yang dibutuhkan

1 baru Perpanjangan PNPS 2012
6 Bandar Udara-Penentuan Kawasan Kebisingan Di Sekitar Bandar Udara 17.140.30
Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan - - - Pengendalian kawasan kebisingan disekitar bandar udara telah diberlakukan secara luas di dunia penerbangan. Kawasan kebisingan di sekitar bandara udara diukur dengan peralatan ukur dan metodologi yang ditetapkan oleh standar nasional serta ditentukan dengan bertitik tolak pada Rencana Induk Bandar Udara/Rencana Pengembangan Bandar Udara, prakiraan jenis pesawat udara, frekuensi dan periode waktu operasi.

1 baru Perpanjangan PNPS 2012
7 Bandar Udara-Standardisasi alat bantu pendaratan visual dengan penerapan bandar udara (visual aids by aerodrome lighting) 29.140.99
29.260.99
Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan - - - Airfield Lighting System (AFL) yang lazim disebut sebagai alat bantu pendaratan visual berfungsi memandu pilot (penerbang) pada saat take off, landing dan taxing agar dapat bergerak secara efisien dan aman dengan standar keamanan informasi yang ditetapkan organisasi

1 baru Perpanjangan PNPS 2012
8 Bandar Udara-Teknis Fasilitas dan Operasional Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Di Bandar Udara 03.100.30
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 24 Tahun 2009 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) 139 - - - Persyaratan teknis Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran PKP-PK, fasilitas dan operasional PKP-PK sangat dipengaruhi oleh standar persyaratan dalam menyusun standar teknis operasional fasilitas sisi udara khususnya pelayanan pertolongan kecelakaan penerbangan dan operasional PKP-PK dibuat pengelompokan berdasarkan penggolongan pesawat udara yang dilayani dan kelas bandar udara komunikasi antar-organisasi dan antar sektor

- 1 revisi SNI 03-7067-2005
Perpanjangan PNPS 2012
9 Daya dukung landas pacu Aircraft Classification Number (ACN)/Pavement Classification Number (PCN) 93.120
- - - - Standar ini memberikan pedoman: - dalam melakukan perhitungan evaluasi daya dukung perkerasan (PCN) menggunakan Metoda ACN/PCN terhadap landas pacu, landas hubung/taxiway, dan landas parkir (apron) bagi pesawat udara dengan berat diatas 12,500 lbs (5,700 kg) untuk dipublikasikan kedalam AIP (Airport Information Publication). - bagi operator penerbangan dalam melakukan penerbangan di suatu bandar udara untuk memenuhi ketentuan persyaratan operasi penerbangan.

- 1 baru -
10 Kinerja operasional bandar udara 03.220.50
- - - - Standar ini digunakan untuk menentukan kinerja operasional bandar udara yang terkait dengan tingkat pelayanan di bandar udara, yaitu : a) pelayanan jasa pendaratan, penempatan dan penyimpanan pesawat udara (PJP4U), b) pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U), c) pelayanan jasa penerbangan (PJP), d) pelayanan jasa pemakaian counter; e) pelayanan jasa pemakaian garbarata. Standar ini juga digunakan sebagai petunjuk teknis penghitungan tingkat pelayanan (level of service) di bandar udara sebagai dasar kebijakan pentarifan jasa kebandarudaraan, dimaksudkan untuk memberikan kemudahan penerapannya dan menyamakan persepsi terhadap cara penilaian tingkat pelayanan (level of service) di bandar udara dan menghasilkan indeks tingkat pelayanan (level of service/Ls) bandar udara antara 0 (nol) sampai dengan 1 (satu) yang mencakup: a) indikator kualitas pelayanan, b) tolok ukur, c) skala nilai, d) bobot.

- 1 baru -
11 Pengamanan fasilitas dan instalasi vital bandar udara 03.220.50
13.310
- - - - Standardisasi pengamanan fasilitas dan instalasi vital bandar udara ini akan membahas tentang prosedur pengamanan fasilitas dan instalasi vital di bandar udara. Secara lengkap standardisasi pengamanan fasilitas dan instalasi vital bandar udara berisi tentang hal-hal sebagai berikut : a) jenis fasilitas dan instalasi vital bandar udara b) prosedur pengamanan yang dibutuhkan c) kinerja teknis peralatan pengamanan yang dibutuhkan

- 1 baru -
12 Pengukuran tingkat dan kawasan kebisingan di sekitar bandar udara 17.140.30
- - - - Standar ini digunakan untuk menentukan 3 (tiga) kategori kawasan disekitar bandar udara dalam rangka pemanfaatan tata guna lahan pada masing-masing kategori kawasan kebisingan untuk berbagai jenis kegiatan sesuai kebutuhan. Standar ini digunakan oleh : a) operator bandar udara dalam melakukan evaluasi terhadap rencana pengembangan bandar udara, b) pemerintah daerah untuk melakukan rencana tata ruang wilayah disekitar bandar udara, c) instansi yang terkait dengan lingkungan hidup untuk mengetahui dampak kebisingan pesawat udara terhadap lingkungan, d) operator pesawat udara untuk menentukan prosedur operasi penerbangan pesawat udara disekitar bandar udara.

- 1 baru -