BSN   |   MASTAN   |   Koleksi Perpustakaan
Pengguna Baru?  |   Register   |   Login   |   Bantuan   
Pemberitahuan Website SISNI ini hanya untuk informasi umum pencarian SNI saja, Untuk Usulan serta Proses Perumusan/Pengembangan SNI silahkan kunjungi alamat sispk.bsn.go.id atau informasi lebih lanjut email ke sispk@bsn.go.id
Untitled Document
:


Sistem Manajemen Mutu
03-02
03.180, 03.120.10, 03.100.01, 03.120.01
No Judul/Topik ICS Justifikasi/Alasan perumusan Standar Ruang Lingkup/
Batasan Penerapan
Adopsi Tidak Adopsi/Pengembangan Sendiri Jangka Waktu Penyelesaian (Thn) Status Standar Ket
Regulasi Kesepakatan Regional/
Internasional
Kebutuhan Pasar Pertimbangan Lain Standar
Int.
Standar
Non Int.
Acuan
Normatif
Penelitian Standar Yang Digunakan
Sebagai Acuan
(Judul dan identifikasi)
Baru Revisi
(Nomor Dan Judul SNI)
1 Sistem manajemen mutu - Dasar-dasar dan kosa kata 01.040.03
03.120.10
ISO 9000:2005, Quality management systems – Fundamentals and vocabulary
ISO 14001: 2004, Environmental management systems - Requirements with guidance for use
ISO 19011: 2002, guidelines for quality and/or environmental management systems auditing
ISO 9001: 2000, Quality management systems - Requirements
ISO 9004:2000, Quality management systems - Guidelines for performance improvement

6292
2 Sistem manajemen mutu – Persyaratan 03.120.10
ISO 9001:2008, Quality management systems -- Requirements
ISO 14001: 2004, Environmental management systems - Requirements with guidance for use
ISO 19011: 2002, guidelines for quality and/or environmental management systems auditing
ISO 9004:2000, Quality management systems - Guidelines for performance improvement
ISO 9000:2005, Quality management systems – Fundamentals and vocabulary

6298
3 Teknologi informasi - Teknik keamanan - Sistem manajemen keamanan informasi - Persyaratan 35.040


4 Sistem manajemen keamanan pada rantai pasokan - Praktek terbaik untuk implementasi keamanan rantai pasokan, asesmen dan perencanaan - persyaratan dan panduan 47.020.99
ISO 28001:2007, Security management systems for the supply chain – Best practices for implementing supply chain security, assessments and plans – Requirements and guidance

5 Sistem Manajemen Keamanan pangan – Persyaratan untuk organisasi dalam rantai pangan 67.020


6 Spesifikasi sistem manajemen keamanan pada rantai pasokan 47.020.99


7 Sistem manajemen mutu — Pedoman untuk rencana mutu 01.040.03
03.120.10


8 Manajemen mutu – Kepuasan pelanggan – Pedoman penanganan keluhan pada organisasi 03.120.10


9 Sistem manajemen pengukuran - Persyaratan untuk proses pengukuran dan Peralatan ukur 03.120
EN 30012-1:1993 Quality assurance requirements for measuring equipment - Part 1:Metrological confirmation system for measuring equipment (ISO 10012-1:1992)

10 Sistem Manajemen Mutu οΏ½ Persyaratan khusus untuk penerapan ISO 9001:2008 bagi organisasi produksi otomotif dan bagian jasa yang relevan 03.120.10


11 Sistem manajemen mutu – Panduan untuk manajemen mutu dalam proyek 03.120.10
ISO 10006:2003, Quality management systems –Guidelines for quality management in projects.

12 Rekomendasi Nasional Kode Praktis - Prinsip umum higiene pangan 67.020
03.100.01


13 Revisi SNI ISO 19011 (2)-reprint 03.120.10
- MLA PAC/IAF untuk kegiatan penilaian kesesuaian - Dalam rangka memfasilitasi stakeholder penilaian kesesuaian terkait dengan penerapan sistem manajemen mutu dan mendukung Penerapan ISO 9001 (ISO 9000 series) Panduan prinsip dalam audit, pengelolaan program audit,pelaksanaan audit sistem manajemen dan juga panduan kompetensi yang terlibat dalam proses audit termasuk pengelolaan program audit, auditor dan tim audit. ISO 19011: 2002, guidelines for quality and/or environmental management systems auditing
ISO 9000:2005 Quality management systems – Fundamentals and vocabulary

1 baru -
14 - 03.100.01
- - - Memfasilitasi stakeholder indonesia dalam menerapkan ISO 26000Memfasilitasi stakeholder indonesia dalam menerapkan ISO 26000 ISO 26000:2010 dimaksudkan untuk membantu organisasi untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong mereka untuk melampaui kepatuhan hukum, mengakui bahwa kepatuhan hukum merupakan tugas pokok dari setiap organisasi dan merupakan bagian penting dari tanggung jawab sosial. Hal ini dimaksudkan untuk mempromosikan pemahaman bersama dalam bidang tanggung jawab sosial. ISO 26000, Guidance on social responsibility

1 baru -
15 RSNI ISO 22005 ketertelusuran dalam rantai pangan dan pakan-Prinsip umum dan persyaratan dasar untuk sistem desain dan Implementasi 67.040
- Dalam rangka memfasilitasi CAFTA - Memfasilitasi stakeholder khususnya bagi perusahaan rantai pangan dan pakan dalam menerapkan sistem ketertelusuran Memberikan prinsip dan spesifikasi persyaratan dasar untuk desain dan implementasi sistem ketertelusuran rantai pangan dan pakan. Dapat diaplikasikan oleh organisasi yang beroperasi pada setiap tahap dalam rantai pangan dan pakan . ISO 22005:2007, Traceability in the feed and food chain -- General principles and basic requirements for system design and implementation

1 baru -
16 "Pedoman IWA 1 Sistem manajemen mutu-panduan untuk proses perbaikan di organisasi jasa kesehatan (3)" 03.120.10
- Dalam rangka memfasilitasi kesepakatan CAFTA dan ACCSQ - Memfasilitasi stakeholder khususnya organisasi jasa kesehatan untuk menngkatkan Penerapan sistem manajemen mutu Membrikan panduan tambahan untuk organisasi jasa kesehatan dalam manajemen pemberian, atau administrasi termasuk pengembangan training IWA 1:2005, Quality management systems -- Guidelines for process improvements in health service organizations

1 baru -
17 RSNI pengamanan nasional (SPT) 03.120.10
Mendukung regulasi POLRI terkait pengamanan nasional - - Dalam rangka memfasilitasi stakeholder penilaian kesesuaian terkait dengan penerapan sistem manajemen mutu pada untuk regulasi sistem manajemen pengamanan nasional Standar terkait

1 revisi SNI 01-4852-1998
-
18 - 03.120.10
- - - Memberikan panduan bagi stakeholder Indonesia terkait dengan pelaksanaan monitoring dan pengukuran kepuasan pelanggan. "ISO / TS 10004:2010 menyediakan panduan dalam menetapkan dan mengimplementasikan proses untuk memonitor dan mengukur kepuasan pelanggan. ISO / TS 10004:2010 ini dimaksudkan untuk digunakan oleh organisasi apapun jenis, ukuran atau produk yang disediakan. Fokus ISO / TS 10004:2010 ada di pelanggan eksternal organisasi. ISO / TS 10004:2010 ini tidak dimaksudkan untuk tujuan sertifikasi atau kontrak, juga tidak dimaksudkan untuk mengubah hak atau kewajiban berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan yang berlaku."

1 baru -
19 - 03.120.10
- - - Memberikan panduan bagi stakeholder Indonesia terkait dengan pemilihan konsultan "ISO 10019:2005 memberikan panduan untuk pemilihan konsultan sistem manajemen mutu dan penggunaan jasa mereka. Hal ini dimaksudkan untuk membantu organisasi ketika memilih konsultan sistem manajemen mutu. Ini memberikan panduan pada proses untuk mengevaluasi kompetensi konsultan sistem manajemen mutu dan memberikan keyakinan bahwa kebutuhan organisasi dan harapan untuk jasa konsultan akan terpenuhi." ISO 10019 guidelines QMS on consultant selection (5)

1 baru -
20 IWA 2 (2) (pedoman) 03.120.10
Mendukung regulasi tekait akreditasi bidang pendidikan - - Memfasilitasi stakeholder khususnya organisasi pendidikan untuk dapat menerapkan sistem manajemen mutu , dan nantinya akan berupa pedoman sehingga acuandapat digantikan Panduan untuk sistem manajemen mutu dalam organisasi pendidikan IWA 2:2007 Quality management systems -- Guidelines for the application of ISO 9001:2000 in education

1 baru -
21 Manajemen resiko - Prinsip dan panduan 03.100.01
ISO 31000:2009, Risk management -- Principles and guidelines

22 Manajemen mutu – Panduan untuk realisasi manfaat finansial dan ekonomi 03.120.10


23 Panduan audit sistem manajemen (ISO 19011:2011, IDT) 03.120.10
13.020.10


24 Manajemen mutu – Panduan pelatihan (ISO 10015:1999, IDT) 03.100.30
03.120.10

ISO 9000: Quality management and quality assurance standards

25 Layanan jasa pembelajaran untuk pendidikan non formal dan pelatihan – Persyaratan dasar untuk penyedia jasa (ISO 29990:2010, IDT) 03.180


26 Manajemen mutu β€” Kepuasan pelanggan β€” Panduan pemantauan dan pengukuran (ISO 10004:2012, IDT) 03.120.10
APHA 4500 H+2005

27 Peralatan kesehatan – Sistem manajemen mutu – Persyaratan untuk tujuan regulasi (ISO 13485:2003 dan ISO 13485:2003/Cor.1:2009, IDT) 03.120.10
11.040.01
APHA 4500-Cl - -2005
ISO 9000: 2000, Quality management systems - Fundamentals and vocabulary

28 Sistem manajemen mutu untuk lembaga pemilihan umum - Persyaratan 03.120.10
Memberikan jasa dan produk pemilu yang terpercaya dan memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku - Lembaga penyelenggara Pemilu perlu memperagakan kemampuannya untuk mengelola proses pemilu secara transparan dengan konsisten - Persyaratan sistem manajemen lembaga pemilihan umum untuk mendemonstrasikan kemampuannya dalam mengelola proses pemilihan secara transparan dan konsisten dan menyediakan produk jasa pemilihan umum yang sah dan hasilnya dapat dipercaya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

- 1 baru -
29 Sistem manajemen mutu - Panduan penerapan SNI ISO 9001:2008 pada pemerintah lokal 03.120.10
- - Untuk memfasilitasi pemerintah daerah maupun pusat dalam menerapkan SNI ISO 9001:2008 - Panduan penerapan SNI ISO 9001:2008 bagi pemerintah daerah dnegan berbagai tipe maupun ukuran dengan memberikan penjelasan elemen persyaratan SNI ISO 9001:2008

1 baru -
30 Sistem manajemen mutu - Kepuasan pelanggan - Pedoman transaksi elektronik komersial dari pelaku bisnis ke pelanggan 03.120.10
- - Untuk memfasilitasi stakeholder dalam mengukur kepuasan pelanggan transaksi elektronik - Memberikan pedoman bagaiman melakukan pengukuran kepuasan pelanggan transaksi elektronik

1 baru -
31 Pedoman penerapan SNI ISO 9001:2008 pada produksi pertanian 67.020
03.120.10
- - Untuk memfasilitasi para produsen pertanian sehingga dapat menerapkan SNI ISO 9001 dengan mudah - Memberikan pedoman untuk membantu produsen tanaman dalam penerapan ISO 9001:2008 [1] untuk proses produksi tanaman. Istilah "Tanaman" termasuk tanaman musiman (seperti biji-bijian, kacang-kacangan, minyak sayur, rempah-rempah, buah dan sayuran), barisan-menanam tanaman yang dibudidayakan, tanaman tahunan yang dikelola selama periode waktu tertentu, dan tanaman liar yang tidak resmi ditanam atau dikelola. tanaman Hortikultura memberikan rentang yang lebih luas dari jenis buah-buahan tahunan dan abadi, sayuran, dan tanaman bunga hias, untuk semak dan pohon abadi, dan akar tanaman

1 baru -
32 Sistem manajemen mutu - Pedoman keterlibatan personel dan kompetensi 03.120.10
- - Untuk memfasilitasi stakeholder dalam menerapkan sistem manajemen mutu khususnya dalam pelibatan personel dan kompetensi - Memberikan pedoman bagaimana melaksanakan pelibatan dan kompetensi personel

1 baru -
33 Sistem manajemen mutu – Persyaratan khusus penerapan SNI ISO 9001:2008 untuk organisasi pemilu di semua tingkat pemerintahan (ISO/TS 17582:2014, IDT) 03.120.10


34 Sistem Manajemen Mutu bagi UKM 03.120.10
Memfasilitasi regulator terkait kebutuhan dokumen panduan penerapan sistem manajemen mutu bagi UKM Tidak Ada Menyediakan dokumen panduan penerapan sistem manajemen mutu bagi UKM Tidak ada Panduan penerapan SNI ISO 9001:2008 bagi usaha kecil menengah dengan memberikan penjelasan elemen persyaratan SNI ISO 9001:2008 SNI ISO 9001:2008(E)


- 11 bulan baru -
35 Sistem manajemen mutu – Pedoman untuk penerapan SNI ISO 9001:2008 pada pemerintah daerah (ISO 18091:2014, IDT) 03.120.10


36 Sistem manajemen mutu – Persyaratan (ISO 9001:2015, IDT) 03.120.10
ISO 9001:2015, Quality management systems - Requirements

9566
37 Sistem manajemen mutu β€” Dasar-dasar dan kosakata (ISO 9000:2015, IDT) 01.040.03
03.120.10
Permen ESDM No. 20 tahun 2014 Tentang perubahan kedua atas Permen ESDM No. 32 tahun 2008

9511
38 Sistem manajemen anti penyuapan - Persyaratan dengan panduan penggunaan (ISO 37001:2016, IDT, Eng) 03.100.01
ISO 37001:2016, Anti-bribery management systems - Requirements with guidance for use

39 Manajemen mutu – Kepuasan pelanggan – Pedoman untuk transaksi perdagangan melalui sistem elektronik antara pelaku usaha dengan pengguna (ISO 10008:2013, IDT, Eng) 03.120.10
ISO 10008:2013 Quality management -- Customer satisfaction -- Guidelines for business-to-consumer electronic commerce transactions
ISO 9000, Quality management systems - Fundamentals and vocabulary

40 Sistem manajemen anti penyuapan - Persyaratan dengan panduan penggunaan (ISO 37001:2016, IDT) 03.100.01
ISO 37001:2016, Anti-bribery management systems - Requirements with guidance for use